Kupas Tuntas Game - Clash of Clans

Assalamualaikum, wr, wb.
Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang permainan yang tentunya tidak asing lagi untuk kita yaitu Clash of Clans, untuk menyelesaikan tugas softskill mata kuliah Pengantar Teknologi Game.

Ya siapa yang tidak tahu permainan yang sangat populer bahkan sampai saat ini pemainnya masih sangat banyak. Clash of Clans permainan strategi yang dikeluarkan oleh Super Cell. Jika kalian ingin memainkannya kalian dapat download langsung di Google Play Store atau klik disini.

Berikut adalah pembahasan tentang Permainan Clash of Clans.

Clash of Clans




         Game Clash of Clans atau biasa disebut dengan COC merupakan permainan strategi dari Super Cell. Membuat desa dari sebuah desa yang kecil hingga menjadi desa yang besar. Dalam permainan Clash of Clans ada tiga unsur penting yaitu troops, defenses, dan spells yang masing – masing memiliki peranan penting. Permainan Clash of Clans membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa mencapai level tinggi pada game ini. Banyak sekali tahap yang harus di lalui yang terbilang tidak mudah untuk memiliki desa Clash of Clans yang besar.

         Permainan Clash of Clans mempunyai tiga sumber daya yaitu gold, elixir dan dark elixir dimana untuk mendapatkannya tidaklah mudah apalagi dalam mendapatkan dark elixir karena untuk mendapatkannya kita harus menyerang desa lawan (loots) , menang dalam clan wars, dan menjaga sumber daya desa kita sendiri.

         Salah satu rintangan dalam game ini adalah membutuhkan waktu yang sangat lama pada proses upgrade bangunan. Terdapat banyak bangunan game ini, sehingga semua bangunan harus di upgrade agar bangunan tersebut dapat lebih memperkuat pertahan desa yang telah kita buat.
        
         Upgrade bangunan tidaklah mudah karena rintangan terbesarnya ada pada saat waktu upgrade bangunan yang sangat lama dan juga harga upgrade setiap bangunan yang cukup mahal, selain itu dibutuhkan gold yang banyak untuk melakukan upgrade, sedangkan untuk mencari storage saja tidak lah mudah. Belum lagi apabila jumlah builder kita terbatas tentu membuat upgrade bangunan semakin lama untuk mencapai level max.

         Selain upgrade bangunan diperluka juga upgrade troops dan spells dimana berfungsi untuk meningkatkan kekuatan troops dan spells sehingga ketika melakukan penyerangan dapat menembus desa lawan.

Gameplay dan Strategy

        
         Cara memainkan permainan ini cukup mudah yaitu dengan mengatur letak dari town hall, defenses, dan bangunan lainnya. Sebaiknya town hall kalian sebagai bangunan utama yang harus kalian lindungi diletakkan di tengah , kemudian atur jarak town hall dan defense dari jangkuan musuh. Jangan lupa untuk memasang trap dengan memperkirakan dimana musuh akan menyerang.  Untuk memaksimalkan defense desa kita maka perlu melakukan upgrade pertahanan seperti wall, bomb, dan lainnya mengikuti level town hall. Semakin tinggi level town hall maka semakin banyak defense juga yang harus di upgrade. Selain harus baik dalam mengatur pertahanan juga harus mengatur pasukan/troops untuk menyerang desa lain. Menyerang desa lain dapat mencuri Gold, Elixir, dan Dark Elixir bahkan jika kalian fokus untuk menaikan tropi menyerang desa lain untuk mencuri bintang minimal satu bintang untuk mendapatkan tropi. Simpang Gold, Elixir, dan Dark Elixir di desa kalian untuk menghindar dari pencuri karena Gold, Elixir dan Dark Elixir berguna untuk melakukan upgrade untuk town hall, troops, defenses, dan heroes.

Town Hall


Town hall merupakan jantung dari desa, merupakan bangunan penting dalam Clash of Clans. Upgrade level town hall akan menambah kapasitas dari defenses dan troops serta resources. Level town hall di Clash of Clans saat ini adalah level 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11. Penempatan town hall merupakan pilihan penting dari pemain karena jika town hall kita terserang maka kita akan kalah dalam peperangan. Town hall juga dapat menampung gold, elixir, dan dark elixir.


Clans Castle


Bangunan ini merupakan bangunan yang penting dalam permainan Clash of Clans. Clan castle bangunan dimana berisi pasukkan dari donate teman satu clan yang berguna untuk membantu melindungi desa dari serangan musuh serta bisa digunakan untuk menyerang dan spell dari donate teman untuk membantu dalam menyerang desa musuh.Semakin tinggi level clan castle maka samkin banyak juga daya tampung untuk donate troops dan spells.

Troops

Barracks :

Barbarian


Barbarian adalah prajurit tak kenal takut ini bergantung pada otot yang menggembung dan kumis yang mencolok untuk melampiaskan malapetaka di desa musuh. Mereka menyerang di darat dengan target serangan secara acak.
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Acak
Kelebihan         : Membutuhkan elixir yang sedikit
Kekurangan      : Memiliki damage dan darah yang sedikit

Archer


Archer adalah penembak jitu mematikan yang mengubah musuh mereka menjadi bantal berjalan. Dingin, penuh dengan perhitungan dan profesional, Pemanah menyerang single-target dan dengan presisi tepat. Jarak serangan mereka bisa membuat kerusakan dan dapat melewati dinding musuh.
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Acak
Kelebihan         : Dapat menyerang melewati dinding pertahanan
Kekurangan      : Memiliki damage dan darah yang sedikit

Giant


Lambat, stabil dan kuat, Giants adalah pejuang besar yang menyebabkan sejumlah kerusakan. Karena sifat pasifis mereka, mereka menargetkan serangan pada pertahanan musuh sebelum hal lain untuk meminimalkan kerusakan di medan perang.
Tipe seranga   : Darat
Sasaran           : Bangunan pertahanan
Kelebihan       : Memiliki darah yang banyak sehingga dapat dijadikan perlindungan pada pasukan lain
Kekurangan     : Memiliki damage yang sedikit dan gerakan yang lambat

Goblin


Goblin adalah pencuri yang mencuri gold, elixir, dan dark elixir. Target mereka adalah berfokus pada gold storage, elixir storage, dark storage, gold mine, elixir collector, dan dark elixir drill atau Resource Buildings. Gerakan dan serangan goblin sangat cepat sehingga dapat menghindari trap namun lemah terhadap serangan karena memiliki darah yang sedikit. Goblin menyerang di darat dan salah satu rintangan terbesar goblin adalah ketika menembus tembol pertahanan musuh. 
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Bangunan resource
Kelebihan         : Memiliki gerakan yang cepat dan dua kali damage ketika menyerang resource
Kekurangan      : Memiliki darah yang sedikit

Wall Breaker


Wall breaker adalah tulang membawa bom yang mengorbankan dirinya meledak bersama bom yang dipegangnya untuk menghancurkan dinding pertahan musuh yang merupakan target utama mereka supaya pasukan kita dapat langsung menembus pertahanan desa musuh. 
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Dinding pertahanan
Kelebihan        : Menghancurkan dinding pertahanan sehingga pasukkan lain dapat mudah masuk ke pertahanan musuh
Kekurangan      : Memiliki darah yang sedikit sehingga bisa mati sebelum meledak

Balloon


Terbang tinggi diudara, Balloons adalah pasukan yang menyerang di udara dengan menjatuhkan bom sehingga menimbulkan kerusakan yang besar. Target utama ballons adalah pertahanan musuh. Tetapi walaupun mempunyai serangan yang besar, darah yang dimiliki sangat sedikit sehingga lemah terhadap trap udara dan serangan udara.
Tipe serangan   : Udara
Sasaran             : Bangunan Pertahanan
Kelebihan         : Menyerang di udara tanpa harus melewati dinding pertahanan
Kekurangan      : Memiliki darah yang sedikit

Wizard


Wizard adalah penyihir maniak berjubah yang memiliki serangan magic yang sangat besar dan dapat menimbulkan kerusakan yang besar. Wizard dapat menyerang pertahanan musuh di darat bahkan dapat menyerang pesukan musuh di udara.
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Acak
Kelebihan         : Menyerang dengan damage yang besar
Kekurangan      : Memiliki darah yang sedikit

Healer


Healer adalah peri terbang yang bertugas memulihkan darah dari pasukan kita yang ada di darat. Healer tidak dapat melakukan serangan kepada musuh karena tugas satu – satunya adalah memulihkan darah. Healer sangat cocok dipasangkan dengan Giant atau Golem yang bertugas sebagai pasukan pelindung dari serangan.
Tipe serangan   : Udara
Sasaran             : Pasukan darat
Kelebihan         : Melakukan pemulihan kepada pasukan
Kekurangan      : Tidak dapat menyerang

Dragon


Dragon adalah pasukan yang dapat membuat teror besar bagi pertahan musuh karena dragon menyerang di udara dengan nafas apinya  yang memiliki damage yang besar.
Tipe serangan   : Udara
Sasaran             : Acak
Kelebihan         : Memiliki damage dan darah yang cukup besar
Kekurangan      : Lemah terhadap air defenses dan air traps


P.E.K.K.A


Seorang samurai ? Sebuah robot ? Tidak ada yang tahu! P.E.K.K.A adalah pasukan darat yang kuat dan misterius yang melakukan kerusakan tinggi dengan satu atau dua pedang panjang besar. P.E.K.K.A memiliki armor baju besi yang besar sehingga spring trap tidak bisa melemparnya serta dapat menahan banyak serangan pertahan musuh, namun lemah terhadap serangan listrik.
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Acak
Kelebihan         : Memiliki damage dan darah dan armor yang besar
Kekurangan      : Lemah terhadap serangan listrik (hidden tesla)


Dark Barracks :

Minion


Pasukan terbang lahir dari Dark Elixir, Minion melayang di medan perang menembak sekumpulan ludah asam untuk merusak musuh-musuh mereka. Mereka tidak terdeteksi oleh Air Mines dan gerakan mereka sangat cepat, tetapi memiliki darah dan damage yang sedikit.
Tipe serangan   : Udara
Sasaran             : Acak
Kelebihan         : Memiliki gerakan yang cepat dan tidak terdeteksi oleh Air Mines
Kekurangan      : Memiliki darah dan damage yang sedikit

Hog Rider


Hog Rider mengendarai babi dan membawa palu, mampu melewati dinding yang menghalanginya sehingga dapat melalui pertahanan musuh dengan mudah serta target serangan mereka adalah pertahanan musuh, memiliki damage yang besar. Hog rider dilahirkan dari dark elixir. Hog sangat takut pada Giant Bomb.
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Pertahan musuh
Kelebihan         : Dapat melompati dinding pertahanan dan memiliki damage yang cukup besar
Kekurangan      : Lemah terhadap trap giant bomb


Valkyrie


Seorang guru kapak di kedua tangannya, Valkyrie dapat menargetkan beberapa bangunan dan pasukan dengan serangan angin puyuhnya. Rambut merahnya yang menyala membuatnya menonjol di medan perang saat ia menyerang bangunan, pasukan Clan Kastil dan pahlawan musuh dengan serangan areanya yang penuh kekuatan.
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Acak
Kelebihan      : Menyerang bangunan, pasukan Clan Kastil dan pahlawan musuh dengan serangan areanya yang penuh kekuatan
Kekurangan     : Tidak dapat menyerang pasukan udara karena dia memang memiliki spesifikasi untuk melumpuhkan pasukan darat


Golem


Salah satu bagian dari hewan batu, sembilan puluh sembilan bagian dari Dark Elixir, Golem adalah pasukan yang dapat menyerap serangan lebih dibandingkan unit lain dalam permainan. Ketika dipukuli sampai hancur golem akan terbagi menjadi dua golem dan memiliki kekuatan seperlima dari kekuatan golem yang asli.
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Pertahanan musuh
Kelebihan         : Ketika hancur golem akan terbagi menjadi dua
Kekurangan      : Gerakan lambat dan membutuhkan waktu yang lama untuk membangkitkannya

Witch


Penyihir tidak pernah berjuang sendiri, ia memanfaatkan kekuatan Dark Elixir untuk membangkitkan prajurit dari pertempuran masa lalu untuk memimpin serangan itu. Sang penyihir membangkitkan pasukan tulang dengan nama “Larry” yang gigih menyerangan segalanya dalam jangkauan, sementara si penyihir melemparkan petir hijau pada musuh nya.
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Acak
Kelebihan         : Dapat membangkitkan pasukkan
Kekurangan      : Memiliki darah yang sedikit

Lava Hound


Binatang terbang yang berapi-api dilahirkan Dark Elixir dan belerang cair. Lemah dalam serangan namun mampu menyerap kerusakan, makhluk-makhluk ini menikmati dalam mengganggu pertahanan udara musuh. Setelah hancur, Lava Hounds dibagi menjadi lava hounds yang lebih kecil.
Tipe serangan   : Udara
Sasaran             : Acak
Kelebihan         : Ketika hancur lava hounds akan terbagi menjadi bagian yang lebih kecil
Kekurangan      : Memiliki darah yang sedikit

Bowler


Makhluk biru ini merupakan pasukan baru yang dilahirkan dari Dark Elixir dengan membawa batu seperti bola. Bowler menyerang dengan melemparkan bola tersebut seperti bermain bowling ke arah target, batu akan terpental dari target dan memukul lagi di balik itu untuk serangan ganda!.
Tipe serangan   : Darat
Sasaran             : Acak
Kelebihan         : Bola yang dilemparkan menyerang secara ganda
Kekurangan      : Memiliki darah yang sedikit dan membutuhkan Dark Exilir yang banyak

Heroes

Barbarian King


Raja Barbar ini adalah yang paling sulit dan paling kejam diantara barbar di seluruh dunia, yang nafsu untuk Dark Elixir telah menyebabkan dia tumbuh dengan ukuran yang sangat besar. Ketika dia tidak tidur siang, dia bisa menyerang desa-desa musuh dan menjaga Anda. Membuka kemampuan Iron Fist nya pada Level 5 dan menggunakannya untuk membuat Raja Anda sangat, sangat marah bahkan memanggil pasukkan barbar yang lainnya.

Archer Queen


Ratu pemanah adalah prajurit bermata elang, dan cukup besar untuk membawa modifikasi X-Bow yang sedikit orang bisa bermimpi menghunuskannya. Ketika dia tidak sedang istirahat, dia bisa menyerang desa-desa musuh dan menjaga desa anda. Membuka kemampuan Royal Cloak nya pada Level 5 untuk membuat pertahanan musuh terlihat dan memanggil sesama pemanah ke sisinya.


Grand Warden


Grand Warden adalah seorang yang memiliki taktik brilian yang telah bertahun-tahun belajar untuk memanfaatkan artefak kuat asal tidak diketahui. Aura pasif menguatkan pasukan yang menyerang desa-desa musuh atau menjaga desa Anda. Membuka kemampuan Eternal Tome untuk membuat sesama pasukan di area kebal terhadap semua serangan.

Defenses

Cannon


Meriam efektif untuk single target, menara defensif besar untuk titik pertahanan dan memukul mundur serangan darat musuh. Meng-upgrade meriam Anda untuk meningkatkan daya tembak mereka, tetapi menyadari bahwa cannon tidak akan menyerang ketika sedang upgrade!.


Archer Tower


Tiga pemanah yang  mengawasi medan perang dari Archer Tower. Mereka memiliki jangkauan yang lebih panjang daripada meriam dan bahkan dapat menyerang musuh terbang, membuat mereka satu-sasaran unit defensif sangat efektif.

Wall


Dinding menjaga desa dan sumber daya sehingga aman dari musuh. Dinding merupakan tulang punggung yang baik dalam pertahanan pastikan untuk tetap melakukan upgrade dinding saat Town Hall naik level.

Mortar


Mortar melemparkan bola api pada radius tertentu dan menyebabkan kerusakan area. Mortal memiliki radius yang cukup jauh tapi tidak bisa mnyerang musuh pada jarak dekat. Serangan mortal memiliki damage yang sangat besar.

Air Defense


Pertahanan ini melemparkan roket kea rah musuh yang berada diudara, dengan serangan yang besar yang dapat menimbulkan kerusakan yang parah. Target favorite mereka adalah Ballonn dan Dragon. Air defenses tidak bisa menyerang pasukan darat dan pertahanan ini sangat rentan terhadap serangan sehingga harus dilindungi dengan dinding.

Wizard Tower


Wizard tower menyerang secara area dengan mengeluarkan kekuatan listrik yang dapat menghentikan pasukan musuh. Wizard tower cocok untuk menghentikan pasukan goblin yang hobi mencuri Gold Storage, Elixir Storage, dan Dark Exilir. Wizard tower mampu menyerang pasukan darat maupun udara.

Air Sweeper


Air Sweeper menyarang musuh khusus untuk pasukan udara dengan mengeluarkan angin yang membuat pasukkan musuh terhempas kebelakang. Air sweeper cocok ditaruh dekat townhall dan air defense karena dapat mengulur waktu musuh.

Hidden Tesla


Hidden tesla merupakan tiang listrik yang menyerang dengan kekuatan listriknya. Hidden tesla tidak akan terlihat di awal namun akan terlihat jika sudah memasuki radiusnya, biasanya hidden tesla di taruh di dalam dinding pertahanan. Namun ada juga yang menaruh di pinggir base untuk mengelabui pasukan supaya tidak mendapat 100% poin kemenangan. Damage hidden tesla ketika menyerang P.E.K.K.A adalah 2 kali lipat.

X-bow


X-bow merupakan defense seperti panah besar dengan kecepatan menyerang yang sangat cepat, walau damage yang dihasilkan kecil tetapi karena gerakan yang cepat membuat serangannya akan terasa sakit. X-bow dapat di atur untuk menyerang darat atau udara karena tidak bisa menyerang darat dan udara secara bersamaan.

Inferno Tower


Inferno tower merupakan defense yang ditakuti karena menyerang musuh dengan api secara terus menerus. Inferno tower dapat menyerang musuh dengan target satu bahkan lebih secara bersamaan. Inferno tower dapat menyerang musuh di darat maupun udara.

Eagle Artillery


Eagle artillery memiliki jangkauan hampir tak terbatas, menyerang dengan melemparkan bola api seperti mortar. Eagle artillery  menyerang dengan mengunci target terlebih dahulu kemudian boom menikmati serangan kembang api.

Trap

Bomb


Perangkap ini meledak kuat tetapi tidak terlihat sampai musuh berjalanan diatasnya.


Spring Trap


Perangkap ini melemparkan musuh sejauh mungkin sehingga musuh tidak bisa menyerang. Spring trap tidak bisa melempar troops yang memiliki armor besar seperti P.E.K.K.A.

Air Bomb


Perangkap ini khusus untuk meledakkan pasukkan udara dengan ledakan yang besar. Meledak secara area di udara sehingga dapat meledakkan musuh lebih dari satu.


Giant Bomb


Perangkap ini seperti bomb tetapi memiliki ledakan yang lebih besar. Tidak terlihat sampai musuh berjalan di atasnya lalu boom meledak.

Seeking Air Mine


Perangkap ini mirip seperti air bomb tetapi memiliki damage yang lebih besar bahkan bisa membunuh troops naga namun meledak hanya untuk satu target.

Skeleton Trap


Perangkap ini merupakan pasukan tengkorang pengganggu musuh. Menyerang musuh bersamaan dengan skeleton lainnya. Dapat diatur untuk menyerang udara ataupun darat.

Spells

Lightning Spell


Spell ini menyerang dengan kekuatan listrik ketika dijatuhkan.

Healing Spell


Spell ini berguna untuk memulihkan darah pasukkan kita ketika menyerang musuh.

Rage Spell


Spell ini berguna untuk meningkatkan kecepatan gerakan dan meningkatkan damage pasukkan kita ketika menyerang musuh.

Jump Spell


Spell ini berguna untuk membuat jalan pintas untuk pasukkan kita tanpa harus menghancurkan dinding pertahanan karena pasukkan kita dapat melompatinya.

Freeze Spell


Spell ini berguna untuk membuat pertahanan musuh menjadi tidak berguna karena pertahanan musuh menjadi beku dan tidak dapat menyerang.

Dark Spells

Poison Spell


Spell ini berguna untuk menghentikan bahkan dapat mematikan pasukan pertahanan musuh yang ada di Clan Castle.


Earthquake Spell


Spell ini berguna untuk menghancur bangunan musuh dengan serangan gampa bumi yang dasyat.

Haste Spell



Spell ini berguna untuk mempercepat gerakan pasukkan kita ketka menyerang musuh, seperti rage spell tetapi menginkatan kecepatan bergerak pasukkan lebih cepat namun tidak meningkatkan damage pada pasukan kita.


Fitur Pemainan Clash of Clans

 

Base , Gold , Elixir , Dark Elixir , Gems , Trofi



Formasi base yang saya gunakan adalah formasi base untuk trofi dan melindungi loot, setiap pemain pasti memiliki formasi yang berbeda, setiap formasi yang berbeda juga mempengaruhi cara permainan. Gems merupakan salah satu harta penting dalam permainan ini karena gems dapat ditukar untuk gold, mempercepat upgrade, dan banyak lagi.


Layout Editor

 

Layout editor berguna untuk mengatur formasi dengan dapat menyimpan tiga formasi berbeda sekaligus dan hanya dapat mengaktifkan satu. Layout editor bisa untuk mengatur formasi base home dan war.


Trofi


Menyerang desa musuh dapat mengingkatkan trofi dengan mengincar bintang dari persentasi kerusakan desa musuh.

Find a Match untuk memulai menyerang desa lain

Menyerang desa lain

Defense Log dan Attack Log
 


Membuat dan Upgrade Troops & Spells

 

 

 Membuat pasukkan dapat dibuat di barrack dan dark barrack untuk membuat spell dapat dibuat di Spell Factory. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan upgrade troops dan spells untuk meningkatkan kemampuannya.


Shop

 

Semua kebutuhan untuk pertahanan desa kita tersedia di shop. Mulai dari treasure, resource, decorations, army, defenses, dan shield.


Setting

 

Fitur setting pada permainan Clash of Clans mewajibkan kalian untuk melakukan Sign-In menggunakan email gmail untuk menyimpan data permainan anda. Misalkan jika ingin login akun Clash of Clans di perangkat lain dapat menggunakan email gmail untuk menghubungkan akun Clash of Clans kalian.


Achievements

 

Achievements adalah tugas pemain untuk menyelesaikannya, menyelesaikan achievements dapat membantu anda naik level karena akan mendapatkan XP dan selain itu akan mendapat gems dimana kita tahu untuk mendapatkannya tidaklah mudah. 

Clans

         Clan di Clash of Clash memiliki fungsi untuk saling menjaga desa dengan menyumbangkan pasukkan dan spell. Sebelum nya harus membangun Clan Castle terlebih dahulu. Selain itu jika sudah dapat memiliki Clan kita juga dapat berpartisipasi untuk mengikuti Clan Wars. Pada clan juga terdapat level yang menunjukkan poin yang di raih dalam wars. Semakin tinggi level maka semakin susah pula lawan yang akan di hadapi nantinya. Jika menang dalam wars maka akan mendapatkan hadiah berupa gold, elixir, dan dark elixir serta poin untuk naik level. Di dalam clan terdapat tingkatan dari anggota yaitu Leader, Co-Leader, Elder, dan Member. Leader merupakan pemimpin clan, ia juga yang membuat clan tersebut, seorang leader harus berperan aktif dalam clan dengan menyumbang troops dan spells, sering memulai war dan bertanggung jawab untuk mengatur anggotanya. Co-Leader mempunyai tugas yang sama seperti Leader dapat memulai war dan mengatur anggota dalam clan. Elder hanya bisa mengatur keanggotaan seperti menerima dan menolak calon member, tidak bisa untuk memulai war. Elder tidak mempunyai keistimewaan, biasanya anggota baru.

Fitur Chat Clan


 Anggota Clan
 


Clan Wars

         Clan Wars merupakan perang antara clan untuk memenangkan hadiah berupa bonus loot yaitu gold, elixir, dan dark elixir serta poin untuk clan. Untuk melakukan clan wars kita harus start war terlebih dahulu kemudian jika sudah menemukan lawan maka akan diberikan waktu selama satu hari untuk prepare/mempersiapkan formasi, letak bangunan serta troops yang akan digunakan untuk meyerang nantinya. Kemudian akan diberikan satu hari lagi untuk melakukan perang, diberi kesempatan untuk menyerang dua desa yang berbeda. Sebaiknya menyerang desa yang se-nomor terlebih dahulu.

Urutan memulai war
 
 Start War

 Memilih anggota yang akan diikutkan war
 
 
 Memulai pencarian lawan
 
 
Setelah menemukan lawan akan ada Preparing Day 24 jam
 

 Memulai war selama 24 jam
 
 History War Clan Kelas 3IA18 - Thematics18




Memainkan permainan clash of clans sangat seru dan menyenangkan, mengatur formasi pertahanan dan penyerangan. Selalu aktif dalam Clan dan mengikuti clan wars. Selama memainkan permainan ini juga harus memperhatikan waktu karena jangan sampai kita lupa waktu.

Terima Kasih ...

Sumber penulisan :

Pengalaman pribadi memainkan Clash of Clans
https://clashofclans.com/
http://clashofclans.wikia.com/wiki/Clash_of_Clans_Wiki


Previous
Next Post »