Mobile Computing

PENGANTAR

Perkembangan teknologi saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa melaju sangat cepat dan penggunaannya sangat melekat pada setiap orang. Semakin mudah penggunaan teknologi sekarang ini bahwa penggunaan dapat digunakan dimanapun (portable). Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Mobile Computing.


PENGERTIAN

Mobile Computing adalah sebuah paradigma baru dalam kemajuan teknologi yang dapat melakukan komunikasi dengan jaringan  nirkabel sehingga user mampu melakukan perpindahan. Sekumpulan hardware, data dan perangkat lunak aplikasi yang mampu berpindah tempat. Kelas tertentu dalam sistem terdistribusi dimana beberapa node dapat bergerak bebas dan melakukan koneksi pada jaraingan yang berbeda. (sumber)

Mobile Computing adalah seperangkat benda atau teknologi yang memiliki teknologi secanggih yang sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) dan mampu melakukan komunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel) walaupun user atau pengguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan. Mobile computing juga merupakan teknologi yang dapat melakukan system distribusi data saat bergerak bebas dan dapat melakukan koneksi kembali pada lokasi jaringan yang berbeda. (sumber)

Mobile Computing merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel). (sumber)

Mobile Computing adalah sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik, atau dalam jarak jauh atau lingkungan mobile (non statik). (sumber)

Mobile Computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi. (sumber)


Dari definisi diatas kita dapat melihat mobile computing penting untuk mendukung aktifitas kita sehari-hari. Sehingga kita membutuhkan suatu device yang mampu membantu aktifitas kita. 

Aktifitas disini dilihat dari dua sisi yaitu user dan device.
Aktifitas dari User
      -          Perpindahan posisi geografis
      -          Perpindahan jaringan komunikasi
      -          Perpindahan peralatan komunikasi
      -          Perpindahan antara aplikasi
Aktifitas dari Device
      -          Perpindahan posisi geografis
      -          Perpindahan jaringan komunikasi

Jenis Mobile Computing


  • Laptop
    Laptop atau notebook adalah komputer bergerak yang ukurannya relative kecil, dengan berat antara 1-6 kg. Fungsi laptop hamper sama dengan komputer desktop, hanya ukurannya yang diperkecil. Kebanyakan laptop menggunakan LCD yang ukurannya antara 10-17 inch. Sifat utama laptop yaitu ukurannya yang kecil, mudah dibawa kemana saja dan hemat energy. Karena banyak kelebihan yang dimiliki laptop maka harga laptop relative lebih mahal daripada komputer desktop.
  • PDA
    Alat elektronik berbasis komputer yang bisa dibawa kemana saja. Ciri khas PDA adalah touchscreen. Pada awalnya digunakan untuk mengorganisasi diri sendiri, tetapi seiring berjalannya waktu pengunaan PDA makin banyak, antara lain mengirim e-mail, akses internet, games, penggunaan GPS, rekam video dan jaringan wireless.
  • Smart phone
    Perangkat komunikasi elektronik yang bisa dibawa-bawa dan tidak perlu kabel untuk menghubungkan jaringan komputer. Dengan kata lain, smartphone adalah miniature komputer dengan kemampuan ponsel. Umumnya terdapat dua jaringan smartphone yaitu GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan CDMA (Code Division Multiple Acces). 

  • Carputer
    Perangkat computing yang bisa dipasang di mobil. Biasanya digunakan untuk pemutar DVD, GPS, pengeras suara dan Bluetooth
  • UMPC
  • Wearable computer

Kelebihan Mobile Computing :

  • Mobilitas
    Anda tidak perlu mengikat diri ke tempat tertentu. Anda dapat melakukan pekerjaan Anda saat duduk di mobil atau kereta api. Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain sambil duduk di mana saja di dunia. Anda dapat chatting online dengan teman-teman Anda dan anggota keluarga sambil duduk di pantai. Anda dapat melakukan pekerjaan kantor Anda sambil duduk di mana saja. 
  • Keefektifan
    Dengan menggunakan mobile computing, lebih banyak pekerjaan dapat diselesaikan karena   fleksibilitas dalam hal tempat bekerja

Kelemahan Mobile Computing :

  • Rendahnya jaringan bandwidth
    Pengguna mobile dapat terhubung ke jaringan nirkabel melalui berbagai jaringan komunikasi termasuk radio nirkabel, wireless Local Area Network (LAN), nirkabel selular, satelit, dll Setiap jaringan nirkabel menyediakan kapasitas bandwidth yang berbeda. Namun, bandwidth nirkabel ini terlalu kecil dibandingkan dengan jaringan tetap seperti ATM (Asynchronous Transfer Mode) yang dapat memberikan kecepatan hingga 155Mbps.
  • Biaya komunikasi asimetrik
    Kapasitas bandwidth yang berbeda antara hilir komunikasi dan komunikasi upstream telah menciptakan sebuah lingkungan baru yang disebut Lingkungan Komunikasi asimetrik. Bahkan, ada dua situasi yang dapat mengakibatkan komunikasi asimetri, Salah satunya adalah karena kemampuan perangkat fisik. Misalnya, server memiliki pemancar siaran kuat, sedangkan klien mobile memiliki kemampuan transmisi kecil. Yang lain adalah karena pola aliran informasi dalam aplikasi. Misalnya, dalam situasi dimana jumlah server jauh lebih sedikit daripada jumlah klien, itu adalah asimetris karena ada tidak kapasitas yang cukup untuk menangani permintaan simultan dari beberapa klien.
  • Koneksi yang lemah
    Pengguna Mobile sering terputus dari jaringan. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan, termasuk kegagalan sinyal, jangkauan sinyal yang kurang luas, area blank spot, dan penghematan daya. Tetapi hal ini juga bisa menguntungkan karena modus aktif membutuhkan seribu kali power lebih besar daripada perangkat dalam kondisi standby atau mode sleep. Sinyal radio nirkabel mungkin juga akan melemah karena jarak yang jauh dari sumber sinyal dimana pengguna bergerak.  
  • Konsumsi tenaga
    Mobile computing sangat bergantung pada daya tahan baterai.

IMPLEMENTASI

PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN MOBILE COMPUTING

Perusahaan yang menerapkan mobile computing contohnya adalah Blackberry. Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Didirikan oleh seorang imigran Yunani di kota Waterloo, Kanada. Keunggulan Blackberry adalah mempunyai penampilan yang sangat bersahabat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda bisa selalu mengakses email (saat ini facebook, blogging, dll). Blackberry adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi dari mobile computing karena dilihat dari definisinya, mobile computing adalah komputer yang dibuat untuk mengatasi masalah perpindahan atau lebih mudahnya adalah computer yang mudah dibawa kemana-mana dan dapat digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain. Salah satu fasilitas yang ada di Blackberry untuk berkomunikasi antara satu sama lain yaitu Blackberry Messenger atau yang lebih dikenal dengan BBM. Fasilitas dari Blackberry ini menggunakan PIN code dalam berkomunikasi satu sama lain. PIN code ini hanya untuk membedakan antara Blackberry satu dengan Blackberry yang lain. PIN code ini terdiri dari 8 digit alphabet dan numerik.


KESIMPULAN

Mobile Computing sudah sangat melekat fungsinya dalam kehidupan sehari-hari, sangat membantu aktifitas manusia, mobile computing banyak memiliki manfaat dan kelebihan tapi disamping itu juga ada kelemahan dan kekurangannya. Sehingga diharapkan dalam penggunaan dipakai sesuai dengan kebutuhannya.




Sumber Referensi :
www.google.co.id
http://postaven.blogspot.co.id/2015/04/apa-itu-mobile-computing.html
http://andytanur.blogspot.co.id/2017/04/mobile-computing-cloud-computing.html
http://shinuta-mine.blogspot.co.id/2011/09/mobile-computing-komputasi-bergerak.html
http://worldnews-online-worldpedia.blogspot.co.id/2015/04/normal-0-false-false-false-in-ja-x-none.html

Previous
Next Post »