Permasalahan Sosial dalam Masyarakat - Permasalahan Pendidikan di Indonesia

Assalaamualaikum Wr. Wb.
Pada Kesempatan ini saya akan membahas tentang permasalahan pendidikan di Indonesia


Peran serta pendidikan di Indonesia adalah berfungsi sebagai membangun SDM ( Sumber Daya Manusia ) yang lebih berkualitas untuk negara Indonesia. Namun dalam prosesnya banyak sekali permasalahan dan penyimpangan yang dilakukan oleh beberapa pihak yang di sengaja maupun tidak sengaja untuk kepentingan sendiri atau memang untuk menjatuhkan pendidikan yang ada di Indonesia.

Pendidikan di Indonesia harus di perbaiki jika tidak moral bangsa akan hancur secara perlahan. Lihat saja para korutor yang mengambil uang rakyat dan hanay memikirkan diri nya sendiri yang katanya dirinya berpendidikan namun pada proses terjadi penyalahgunaan dan malahan orang yang koruptor tersebut yang tidak berpendidikan karena tidak memikirkan nasib bangsa nya sendiri .

Bagaimana cara mengatasi pendidikan yang sudah kacau ini di Indonesia , ini adalah pendapat saya tentang mengatasi pendidikan di Indonesia.


1. Memperbaiki sistem pengajarnya

yaitu lebih menekankan kepada para pengajar yang ada. Lebih mengasah lagi kemampuan para pengajar suapaya tidak hanya murid saja yang bersaing namun para pengajar / guru pun ikut bersaing namun dalam sistem ini terdapat kelemahan dan kelebihan. Kelemahannya adalah bagi siapa yang mempunyai cara 
 pengajaran yang baik malah dia yang menang namun bagi yang sebaliknya maka akan tersingkir. Kelebihannya adalah siswa/i yang di ajar akan mendapatkan pengetahuan yang lebih bermanfaat dan lebih mendapat perhatian dari pengajar.

2. Memperbaiki sistem pembelajaran

yaitu meng-evaluasi sistem pembelajaran yang kita gunakan dari sistem pembelajaran yang lain. Sistem pembelajaran di Indonesia sangat lama dibanding di luar negeri. Lebih parahnya lagi sistem di Indonesia tidak stabil karena mengganti sistem pembelajaran dalam waktu yang singkat.

3. Fasilitas

penting nya fasilitas untuk mendukung para siswa dalam pembelajarannya karena tidak hanya teori namun harus ada praktik dan penerapannya.

4. Komunikasi

komunikasi antara murid dengan pengajar harus baik dan lancar untuk menghindari ketidaktahuan informasi secara berkelanjutan

5. Masyarakat

peran masyarakat dalam lingkungan sekolah adalah teman , dengan mempunyai teman dapat mendapat membuat kita saling berbagi dan saling bertukar pendapat.


Demikian pembahasan saya tentang pendidikan di Indonesia. Mohon maaf jika ada salah kata dalam tulisan saya pada blog ini.

Wassalaamualaikum Wr. Wb.
Previous
Next Post »