Pengertian
Website
Wikipedia
Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya
berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi
yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.
Secara
Umum
Website atau situs web dapat diartikan sebagai kumpulan
halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam
atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang
bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang
saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan
halaman.
Secara Terminologi
Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang
biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di
dalam World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang
tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web (web page)
diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” ( root ), yang disebut homepage
(halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”), URL
ini mengatur web page untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun
hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan
memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini
berjalan.
Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom
Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak
digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan
email.
Sejarah
Singkat Web
Website
pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Pada tahun 1991
website terhubung dengan jaringan.Tujuan dari dibuatnya website pada saat itu
yakni untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi kepada sesama
peneliti di tempat mereka bekerja. Dengan demikian pengertian website saat itu
masih sebatas tukar menukar informasi, bukan pengertian website secara
terminologi.
Website
dipublikasikan ke publik setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30
april 1993. CERN menyatakan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh
semua orang. Pada saat ini pengertian website sudah masuk ke dalam ranah publik
karena sudah bisa digunakan oleh semua orang dimanapun dan kapanpun.
Jenis – Jenis Website
Dilihat dari segi kontennya, website terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
1.
Website Statis
Website
statis merupakan website yang isi kontennya tidak dapat diubah secara langsung
oleh end-user. Isi dari website hanya bisa diubah oleh orang yang mengerti
mengenai bahasa pemrograman atau tools untuk merancang halaman website. Website
jenis ini tidak mempunyai basis data, jadi informasi yang disampaikan ditulis
langsung ke dalaman sintax. Biasanya website jenis ini dibuat untuk menampilkan
informasi yang jarang diupdate misalnya Company Profile.
2.
Website Dinamis
Website
dinamis adalah website yang isi kontennya sudah termanajemen dengan kata lain,
sudah menerapkan sistem Content Management System untuk informasi yang
disampaikannya. End-user bisa sewaktu-waktu mengupdate konten pada halaman
website tanpa perlu faham sintax ataupun bahasa pemrograman. Melihat dari segi
fungsionalitasnya, website seperti inilah yang sekarang banyak digunakan.
Unsur-Unsur Website atau Situs
Untuk
menyediakan keberadaan sebuah website, maka harus tersedia unsur-unsur
penunjangnya, adalah sebagai berikut:
1. Nama
domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
Pengertian Nama domain atau
biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet
yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain
domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada
dunia internet.
nama-protokol:/nama-host/path/nama-file
nama-protokol
misalnya http, ftp.
nama-host
misalnya www.tegararian.blogspot.com
path
= nama lengkap jalur ke file, misalnya: prg
nama-file
misalnya tugas.doc
Contoh
nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :
· co.id
: Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
· ac.id
: Untuk Lembaga Pendidikan
· go.id
: Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
· mil.id
: Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
· or.id
: Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori
“ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain
· war.net.id
: untuk industri warung internet di Indonesia
· sch.id
: khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD,
SMP dan atau SMU
· web.id
: Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan
kegiatannya di World Wide Web.
2. Rumah tempat website (Web hosting)
Pengertian Web Hosting dapat
diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan
berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di
website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web
hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin besar pula data
yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website. Web Hosting juga diperoleh
dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran
MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Lama penyewaan web hosting rata-rata dihitung
per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web
hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
3. Bahasa Program (Scripts Program)
Adalah
bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang
pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau
interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang
digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta
terlihat bagus.
Beragam
bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website. Jenis
jenis bahasa program yang banyak dipakai para desainer website antara lain
HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai
setiap situs adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan lainnya merupakan bahasa
pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs.
Bahasa program ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri. Bahasa program
ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi,
buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang
memerlukan update setiap saat.
4. Desain Website
Setelah melakukan penyewaan
domain name dan web hosting serta penguasaan bahasa program (scripts program),
unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan
kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada
penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.
Fungsi
Website
Media Promosi : Sebagai media promosi dapat dibedakan menjadi media promosi
utama, misalnya website yang berfungsi sebagai search engine atau toko Online,
atau sebagai penunjang promosi utama, namun website dapat berisi informasi yang
lebih lengkap daripada media promosi offline seperti koran atau majalah
Media Pemasaran : Pada toko online atau system afiliasi, website merupakan media pemasaran yang cukup baik, karena dibandingkan dengan toko sebagaimana di dunia nyata, untuk membangun toko online diperlukan modal yangr relatif lebih kecil, dan dapat beroperasi 24 jam walaupun pemilik website tersebut sedang istirahat atau sedang tidak ditempat, serta dapat diakses darimana saja.
Media Informasi : Website portal dan radio atau tv online menyediakan informasi yang bersifat global karena dapat diakses dari mana saja selama dapat terhubung ke internet, sehingga dapat menjangkau lebih luas daripada media informasi konvensional seperti koran, majalah, radio atau televisi yang bersifat lokal.
Media Pendidikan : Ada komunitas yang membangun website khusus berisi informasi atau artikel yang sarat dengan informasi ilmiah misalnya wikipedia.
Media Komunikasi: Sekarang banyak terdapat website yang dibangun khusus untuk berkomunikasi seperti forum yang dapat memberikan fasilitas bagi para anggotanya untuk saling berbagi informasi atau membantu pemecahan masalah tertentu.
Media Pemasaran : Pada toko online atau system afiliasi, website merupakan media pemasaran yang cukup baik, karena dibandingkan dengan toko sebagaimana di dunia nyata, untuk membangun toko online diperlukan modal yangr relatif lebih kecil, dan dapat beroperasi 24 jam walaupun pemilik website tersebut sedang istirahat atau sedang tidak ditempat, serta dapat diakses darimana saja.
Media Informasi : Website portal dan radio atau tv online menyediakan informasi yang bersifat global karena dapat diakses dari mana saja selama dapat terhubung ke internet, sehingga dapat menjangkau lebih luas daripada media informasi konvensional seperti koran, majalah, radio atau televisi yang bersifat lokal.
Media Pendidikan : Ada komunitas yang membangun website khusus berisi informasi atau artikel yang sarat dengan informasi ilmiah misalnya wikipedia.
Media Komunikasi: Sekarang banyak terdapat website yang dibangun khusus untuk berkomunikasi seperti forum yang dapat memberikan fasilitas bagi para anggotanya untuk saling berbagi informasi atau membantu pemecahan masalah tertentu.
Website dapat melakukan beberapa tugas, seperti :
- Membuat pengumuman atau pemberitahuan.
- Memberikan pelayanan kepada Customer Anda.
- Menerima masukan dari pengunjung/customer Anda.
- Membagi dan mendistribusi file dan foto.
- Berkomunikasi langsung dengan Customer Anda yang berada di belahan dunia
manapun
Cara kerja Web Server :
1.
Cara kerja Web Server Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau
software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai
dengan permintaan user.
2.
Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau
jaringan Komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol
TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi
satu dengan yg lainnya. Pada saat browser meminta data web page ke server maka
instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg
merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan
protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini
merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg
terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini jelas sangan
mudah sekali dimana setiap kali anda mengetik http://… anda telah
menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yg di passing dari
browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yg meminta web page dan kemudian
web server akan mencari data HTML yg ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di
kirim kembali ke browser. Data yg dikirim dari server ke browser disebut
sebagai HTTP response. Jika data yg diminta oleh browser tidak ditemukan oleh
si Web server maka akan meninbulkan error yg sering kita lihat di web page
yaitu Error : 404 Page Not Found.
Gambar Cara Keja Web
Tahapan
Membangun Website
1. Rekayasa dan Pemodelan Sistem/Informasi
Pada
tahap ini dimulai dengan membangun syarat dari semua elemen sistem dan
mengalokasikan beberapa subset kebutuhan software tersebut. Pandangan sistem
ini penting ketika software harus berhubungan dengan elemen-elemen lain seperti
software, manusia, dan database. Rekayasa dan analisis sistem menyangkut
pengumpulan kebutuhan pada tingkat sistem dengan sejumlah kecil analisis serta
desain tingkat puncak.
2. Planning (Perencanaan)
Pada
tahap ini yaitu untuk menentukan tujuan dari software yang akan dibuat,
melakukan analisis kebutuhan dan pengumpulan data yang diperlukan. Proses
pengumpulan kebutuhan diintensifkan dan difokuskan, khususnya pada kebuthan
software. Untuk memahamai sifat program yang dibangun, analis harus memahami
domain informasi, tingkah laku, unjuk kerja, dan interface yang diperlukan.
3. Designing (Desain)
Desain
software sebenarnya merupakan proses multi langkah yang berfokus pada empat
atribut yang berbeda, yaitu struktur data, arsitektur software, representasi
interface, dan detil (algoritma) procedural. Jadi pada tahap ini proses
mendesain harus berdasarkan kebutuhan sehingga sesuai dengan yang diharapkan
sebelum memulai pengkodean.
4. Scripting (Pemograman)
Desain
harus diterjemahkan ke dalam bentuk mesin yang bisa dibaca. Dalam tahap ini
adanya pembuatan kode. Jika desain dilakukan secara lengkap, pembuatan kode
dapat diselesaikan secara mekanis.
5. Testing (Pengujian)
Proses
pengujian berfokus pada logika internal software untuk memastikan bahwa semua
pernyataan sudah diuji, dan pada fungsi eksternal yaitu mengarahkan pengujian
untuk menemukan kesalahan-kesalahan dan memastikan bahwa dengan input yang terbatas
akan didapatkan hasil aktual yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
6. Maintenance (Pemeliharaan)
Software
mungkin akan mengalami perubahan setelah diserahkan kepada pelanggan. Perubahan
bisa terjadi karena kesalahan-kesalahan tertentu, karena software harus diubah
untuk mengakomodasikan perubahan-perubahan di dalam lingkungan eksternalnya,
atau karena pelanggan perlu melakukan pengembangan fungsional atau unjuk kerja.
Pemeliharaan software mengaplikasikan lagi setiap fase program sebelumnya dan
tidak dilakukan dengan membuat yang baru.
JARINGAN INTERNET
Pengertian
Jaringan
merupakan sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan
lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi
data, informasi, program, dan perangkat keras (printer, harddisk, webcam, dsb).
Jaringan
komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan
lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan
dari jaringan komputer adalah membagi sumber daya, komunikasi, dan akses informasi.
Jaringan
internet secara sederhana adalah gabungan jaringan-jaringan komputer di seluruh
dunia dan merupakan rangkaian komputer terbesar di dunia, ukurannya akan masih
terus berkembang.
Sejarah
Singkat
Jaringan
Internet berawal pada tahun
1969 dari kebutuhan Departemen Pertahanan Amerika
Serikat ketika itu merasa negaranya tidak
aman karena perang
dingin dengan Uni
Soviet. Mereka menginginkan satu
jaringan komputer militer
strategis dimana jaringan komputer
utama yang digunakan
untuk tujuan penelitian dapat terhubung satu sama lain
meskipun sebagian dari komputer ini dapat
dibom oleh musuh.
Jaringan internet pertama
dinamakan ARPANET ini menghubungkan empat lokasi yaitu Stanford
University, UCLA, UC Santa
Barbara dan University
of Utah dimana
keempat lokasi ini diatur secara tidak terpusat (‘decentralised’), yaitu
tanpa ada penempatan utama yang
mengontrol penempatan lain.
Jaringan internet ini kemudian
berkembang dan menghubungkan
beberapa perguruan tinggi.
Tahun 1985,
Internet Modern memperoleh
dukungan ketika National Science foundation
membentuk NSFNET, menghubungkan
lima pusat superkomputer di Princeton University, Pittsburgh, University
of California di San
Diego, University of
Illinois di Urbana-Champaign, dan Universitas
Cornell., beberapa jaringan
regional segera dikembangkan.
Akhirnya, pemerintah memindahkan
bagian-bagian ARPANET untuk NSFNET.
Protokol
jaringan
Protokol adalah sebuah aturan atau
standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan
perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat
diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.
Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.
Protokol-protokol yang sering digunakan adalah:
1. Ethernet
Protokol Ethernet menggunakan metode
kontrol akses media Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection
untuk menentukan station mana yang dapat mentransmisikan data pada waktu
tertentu melalui media yang digunakan. Dalam jaringan yang menggunakan teknologi
Ethernet, setiap komputer akan "mendengar" terlebih dahulu sebelum
"berbicara", artinya mereka akan melihat kondisi jaringan apakah
tidak ada komputer lain yang sedang mentransmisikan data. Jika tidak ada
komputer yang sedang mentransmisikan data, maka setiap komputer yang mau
mengirimkan data dapat mencoba untuk mengambil alih jaringan untuk
mentransmisikan sinyal. Sehingga, dapat dikatakan bahwa jaringan yang
menggunakan teknologi Ethernet adalah jaringan yang dibuat berdasrkan basis
First-Come, First-Served, daripada melimpahkan kontrol sinyal kepada Master
Station seperti dalam teknologi jaringan lainnya.
2.
Token Ring
Protokol Token Ring adalah sebuah
cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan
diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM selanjutnya
membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM
pada tahun 1984. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah
penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel
twisted pair, dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan
komputer.
3.
AppleTalk
Protokol Apple Talk adalah sebuah
protokol jaringan yang dikembangkan khusus untuk jaringan yang terdiri atas
komputer-komputer Apple Macintosh, yang mengizinkan para penggunanya untuk
saling berbagi berkas dan printer agar dapat diakses oleh pengguna lainnya.
AppleTalk merupakan teknologi yang sudah dianggap usang yang kini telah
digantikan oleh Apple Open Transport, yang juga mendukung AppleTalk itu
sendiri, protokol TCP/IP dan beberapa protokol jaringan lainnya.
4.
FDDI (Fiber Distributed-Data
Interface)
Protokol FDDI adalah standar komunikasi data
menggunakan fiber optic pada LAN dengan panjang sampai 200 km.
Protokol FDDI berbasis pada protokol
Token Ring. FDDI terdiri dari dua Token Ring, yang satu ring-nya berfungsi
sebagai ring backup jika seandainya ada ring dari dua ring tersebut yang putus
atau mengalami kegagalan dalam bekerja. Sebuah ring FDDI memiliki kecepatan 100
Mbps.
5.
Asynchronous Transfer Mode (disingkat ATM)
Adalah protokol jaringan yang
berbasis sel, yaitu paket-paket kecil yang berukuran tetap (48 byte data + 5
byte header). Protokol lain yang berbasis paket, seperti IP dan Ethernet,
menggunakan satuan data paket yang berukuran tidak tetap.
Jenis-jenis
jaringan
A. Jaringan
Berdasarkan Hubungan fungsional
1. Jaringan Feer-to-Feer
Kedudukan setiap komputer yang
terhubung dalam jaringan adalah sama. Tidak ada komputer yang menjadi pelayan
utama (server). Sehingga semua komputer dalam jaringan dapat saling
berkomunikasi dan berbagi penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak
2. Jaringan Client Server
Pada jaringan client-server terdapat
sebuah komputer yang mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan
komputer, sepertikomunikasi, penggunaan bersama perangkat keras dan perangkat
lunak serta mengontrol jaringan. Komputer ini dinamakan server. Semua komputer
lain selain server disebut client
B. Jaringan
Berdasarkan Area Jaringan
1. Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan komputer dengan
ruang lingkup terbatas (area lokal). Tipe jaringan ini banyak dipakai pada
gedung perkantoran, warnet, Lab komputer sekolah, rental komputer,dsb
2. MAN merupakan jaringan komputer
dengan ruang lingkup yang cukup jauh. Tipe inidigunakan untuk membangun
jaringan komputer antar gedung, dalam satu kota, atau antar kota yang berada
pada jangkauannya. Jaringan in biasanya digunakan oleh perusahaanperusahaan
besar seperti perbankan, BUMN, dll.
3. Wide Area Network (WAN)
Jaringan ini merupakan jaringan yang
terbesar karena mencakup radius antar negara bahkan benua tanpa batasan
geografis seperti jaringan lain. Dalam beberapa hal, WAN dapat dikatakan
Internet
C. Jaringan
Berdasarkan Metode Koneksinya
1. Jaringan Berkabel
Jaringan yang menggunakan kabel untuk
menghubungkan anggota anggota jaringan
2. Jaringan Nirkabel
Jaringan yang menggunakan gelombang
radio untuk koneksi antar anggota jaringan
Topologi
Jaringan
Topologi jaringan merupakan Topologi
jaringan merupakan diagram yang mewakili cara komputer terhubung dalam jaringan
Macam-macam topologi jaringan
1. Star Topology (Topologi Bintang)
Star Topology (Topologi Bintang)
merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan dengan komputer yang berada pada
pusat konfigurasi yang berbentuk bintang yang berperan sebagai pengontrol
komunikasi dan memberikan layanan bagi komputer lain
2. Ring Topology (Topologi Cincin)
Ring Topology (Topologi Cincin)
merupakan sekelompok komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi
cincin, dimana salah satu berperan sebagai server
3. Bus Topology (Topologi Bus)
Bus Topology (Topologi Bus) merupakan
sekumpulan komputer yang saling terhubung pada kabel khusus (bus), dimana salah
satu komputer berperan sebagai server
4. Tree Topology (Topologi Pohon)
Tree Topology (Topologi Pohon)
merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi
pohon
Perangkat
Jaringan Komputer
1. Modem
Modem merupakan device yang mampu
membuat komputer terkoneksi dengan internet melalui jalur telepon standar.
2. Hub
Hub merupakan sarana network yang
digunakan untuk memperkuat transmisi sinyal pada suatu jenis workstation
tertentu
3. Repeater
Repeater merupakan piranti elektronik
yang bertugas menerima sinyal kemudian meneruskannya pada level yang lebih
tinggi atau dengan daya yang lebih besar
4. Router
Router merupakan piranti jaringan yang
bertugas menforward paket data sepanjang jaringan menggunakan header dan tabel
forwarding, sehingga rute terbaik untuk transportasi data
5. Network Interface Card (NIC)
Network Interface Card (NIC) merupakan
circuit board yang memberi kemampuan komunikasi jaringan ke komputer-komputer
personal yang terpasang pada motherboard
6. Bridge
Bridge merupakan jaringan yang
digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan
7. Kabel dan konektor
Kabel dan konektor merupakan kabel
jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer yang lain
Cara
Kerja Sistem Jaringan Internet
Komputer-komputer
dalam sistem jaringan Internet ini berhubungan satu sama
lain dengan menggunakan
satu bahasa standar
protokol yang diistilahkan TCP
/ IP (singkatan
dari ‘Transmission Control Protocol /
Internetworking Protocol’). TCP/IP
merupakan sistim
jaringan internet dengan
cara pesan atau
informasi yang dikirim
dan diterima agar semua
dapat memahaminya dengan
pengertian yang sama. Setiap komputer
dalam sistem jaringan Internet memiliki alamat masing-masing yang unik yang
diistlahkan IP Adress.
Implementasi Jaringan Internet pada Perusahaan
Contoh implementasi atau penerapan jaringan internet dapat dilakukan di warung internet (warnet). Jaringan internet di warnet sangat sederhana, karena menggunakan model Client Server. Setiap warnet pasti mempunyai server sebagai komputer pemantau atau operator dan client sebagai komputer yang digunakan user. Data dapat disebar atau dibagi (sharing) jika server mengizinkan, sehingga antara user dengan user lainnya dapat bertukar data bahkan dengan server. Selain data, user dapat juga dapat menggunakan printer yang dapat melakukan pencetakan langsung dari komputer user (client) dengan terhubung terlebih dahulu ke server, sehingga user tidak perlu harus ke server untuk melakukan pencetakan (print).
Referensi
Buku:
Saputro, Hendra W. (2007). Pengertian Website dan Unsur-unsurnya.[Online]. Tersedia: http://www.balebengong.net/topik/teknologi/2007/08/01/pengertian-website-dan-unsur-unsurnya.html.
Saleh, Abdul Rahman. (2010). Membangun Perpustakaan Digital: Step by Step. Jakarta: Sagung Seto.
Dewanto, I. Joko. (2006). Web Desain (Metode Aplikasi dan Implementasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Internet:
Internet:
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
http://tegararian.blogspot.com/2013/03/pengertian-website.html
http://forum.kompas.com/jaringan-telekomunikasi-dan-internet/33864-apa-sih-fungsi-website.html
https://risqiulva.wordpress.com/category/website/jenis-jenis-web/
http://komunikasi.us/index.php/course/1787-sejarah-singkat-web-dan-keseluruhan
https://hanyhafsyah.wordpress.com/2012/09/21/cara-kerja-web/
http://raghibnuruddin217.blogspot.com/2013/01/pengertian-definisi-web.html
EmoticonEmoticon